Rabu, 20 Februari 2013

Tempat menarik di Solo

Bisa dibilang gw terdampar di Solo. Kedatangan gw ke Solo sama sekali gak masuk dalam agenda gw sebelum nya, berhubung jadwal tiket kereta gw untuk ke Jakarta masih 4 hari lagi, gw akhirnya memutuskan untuk dateng ke Solo dan berkunjung ke tempat-tempat menarik yang ada di Solo. Sampai di stasiun Solo Jebres malam hari, dan seperti biasa gw menginap di loket stasiun sampai pagi hari. Harusnya sih gw sampai di Solo itu sore hari, berhubung ada kereta yang anjlok di Surabaya, gw pun harus menunggu di stasiun gubeng hingga 4 jam lebih hingga akhirnya gw sampai di Solo kemalaman dech.

Esok pagi nya jam 05.00, gw berjalan keluar dari stasiun untuk mencari tempat sarapan, sekalian bertanya kepada penduduk sekitar soal transportasi ke grojogan sewu. Segelas kopi dan sepotong roti menjadi sarapan sehari-hari gw, maklum lah gw harus irit-irit biar bisa explore tempat-tempat wisata yang ada di Solo. Sambil ngopi gw pun bertanya ama ibu warung.
"Bu, dari sini klo mau ke tawangmangu naek transportasi apa yea?".
Si ibu menjawab "jalan aja dulu dek ke rumah sakit Dr.Oen, abis itu nyebrang dari rumah sakit, dari situ cari bis yang jurusan tawangmangu". 
Oya bu, ongkos nya berapa ya? 
"si ibu pun menjawab 7 ribu". 
Makasih ya bu untuk info nya. 

Berjalan lah gw dari warung tempat ngopi ke rumah sakit Dr.Oen. Sampai di rumah sakit, gw nyebrang dan menunggu bis yang ke tawangmangu. Tak berapa lama akhirnya bis datang, gw pun langsung naek ke bis. Sekitar 1 jam berlalu sampailah gw diterminal tawangmangu.Turun dari bis gw memutuskan untuk makan dulu sebelum melanjutkan perjalanan ke Grojogan Sewu
Nih beberapa hasil foto yang gw ambil di air terjun Grojogan Sewu:

Grojogan Sewu


Tawangmangu adalah sebuah kecamatan dikabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. Tawangmangu dikenal sebagai obyek wisata dilereng barat Gunung Lawu. Tempat ini pada zaman dahulu telah menjadi tempat berwisata. Obyek tujuan wisata utama adalah air terjun grojogan sewu dengan tinggi 81 meter. Di grojogan sewu juga tersedia berbagai sarana pendukung wisata seperti kolam renang dan berbagai macam penginapan murah. Dari tawangmangu dapat dimulai pendakian ke puncak Gunung Lawu (pos cemoro kandang). Selain itu, dari sini juga terdapat jalan tembusan yang menuju ke Telaga Sarangan di Magetan lewat Cemorosewu.

Jembatan di grojogan sewu


Puas menikmati pemandangan dan segarnya air di grojogan sewu, gw pun kembali ke stasiun Solo jebres. Istirahat sambil makan bakso di depan stasiun, ehmm mantap. Selesai makan hari masih siang dan cerah. Bingung gw mau ngapaen lagi? Bertanyalah gw dengan mas penjual bakso. 
"Mas, di Solo tempat yang wajib dikunjungin apa yea selain tawangmangu?". 
Mas itu menjawab " Udah mampir ke keraton solo belum mas?". 
Gw pun menjawab "belum mas". Ngomong-ngomong jauh gak ya mas dari sini ke keraton nya?
"Gak jauh kok mas, cukup naek bis sekali dari prapatan sana, turun di gladag, abis itu tinggal jalan kaki ke keraton nya. Ongkos nya juga murah mas, cuma 2ribu rupiah.
Makasih ya mas untuk info nya. 
Sebelum berangkat gw menitipkan tas dulu diwarung bakso tempat gw makan. Maklumlah ribet banget gw klo bawa tuh tas kemana-kemana, mana berat banget lagi tuh tas. Sampai dihalte gw menunggu bis yang jurusan ke gladag. Jarak dari halte ke gladag sebenarnya deket sih, cuma berhubung gw udah capek banget, jadi lebih baek naek bis dech, lagian juga ongkos nya murah. 10 menit di bis akhirnya sampailah gw di gladag, turun dari bis gw langsung berjalan kaki lagi ke keraton solo.

Nih foto yang gw ambil di keraton solo:
Keraton Solo



0 komentar:

Posting Komentar