Selasa, 19 Februari 2013

Sekaten

Sekaten, apa sebenarnya perayaan sekaten itu? Sekaten atau perayaan sekaten berasal dari kata syahadatain atau 2 kalimat syahadat. Sekaten adalah upacara peringatan ulang tahun nabi Muhammad s.a.w yang diadakan dialun-alun utara Solo dan Yogyakarta. Upacara ini dulunya dipakai oleh Sultan Hamengkubuwana 1, pendiri keraton Yogyakarta untuk mengundang masyarakat mengikuti dan memeluk agama Islam.

                  

Ini ketiga kalinya gw ke Jogja, dan sebenarnya gw gak ada niat sama sekali untuk datang ke Jogja, apa lagi untuk nonton acara perayaan sekaten. Berhubung tiket kereta yang gw beli dari Probolinngo dari tanggal 16 Januari itu ada nya cuma tanggal 24 Januari yang ke Jakarta dari Jogja, terpaksa dech gw dari tanggal 23-24 Januari keliling-keliling dulu di Jogja.

24 Januari 2013. Pagi itu setelah selesai ngopi di stasiun lempunyangan, gw pun menitipkan tas diwarung tempat gw ngopi. Jam 08.00 gw berangkat menuju keraton dengan berjalan kaki, setelah setengah jam berjalan kaki sampailah gw dijalan malioboro. Karena perut udah mulai lapar, gw pun memutuskan untuk makan bakso dulu dipinggiran jalan malioboro, selesai makan gw langsung menuju ke keraton. 

Sesampainya dikeraton ternyata banyak juga orang-orang yang ingin menyaksikan perayaan sekaten, baik orang dalam negeri maupun mancanegara. Gw pun harus berdesak-desakan dengan mereka untuk bisa melihat perayaan sekaten ditengah terik nya panas matahari. Walau begitu gw tetep semangat untuk mengabadikan setiap moment-moment perayaan sekaten di depan keraton.









0 komentar:

Posting Komentar